Selasa, 30 Agustus 2016

materi KKPI KLS X semster 1 Edisi !



https://drive.google.com/open?id=0B6eNg9o7UsyWR3k3ODU2dExUY3c

NAMA     :
NIS       :
KELAS    :
 
                              




MATERI KKPI KELAS X SEMESTER 1

OPERASI DASAR KOMPUTER DAN PERANGKAT LUNAK
DALAM SISTEM INFORMASI


A. Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer
     Sebelum menggunakan komputer, terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1.  Memastikan kabel listrik sudah terhubung dengan komputer
2
.  Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang           dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.

A. 1 Menghidupkan Komputer
     Untuk menghidupkan komputer, ada pun langkah-langkah berikut:
1.  Tekan tombol Power atau tombol On pada Komputer
2.  Selanjutnya Komputer akan melakukan booting dengan menyalakan BIOS ( Basic Input Output System ) yang terdapat pada komputer.
3.  Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem.
                                                                                             
A. 2 Mematikan Komputer
     Jika sistem operasi yang digunakan adalah Microsoft Windows maka untuk mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Pilih Tombol Start pada taskbar
2. Tekan Tombol Turn Off Computer yang akan menampilkan kotak dialog Turn Off computer
 pada kota dialog tersebut terdapat empat pilihan , yaitu:
-Stand By, Pilihan ini digunakan untuk mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power.
-Turn Off, Pllihan digunakan untuk mematikan komputer.
-Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi.
-Hibernate, dapat ditampilkan dengan menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk.

B. MACAM.MACAM PERANGKAT LUNAK
     Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh, yaitu :
1. Sistem Operasi
2. Program Aplikasi
3. Bahasa Pemrograman
4. Program Bantu
5. Program Paket
6. Program Permainan
7. Program Multimedia

1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan bahasa yang di Kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin).
Contoh Sistem Operasi :
=   Produk Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows  Me, Windows XP, Windows Vista, Windows NT (untuk jaringan).
=   Produk Novel : Linux, Redhat, OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
=   Produk Apple : Macintosh
=   Produk IBM : DOS, UNIX

2. PROGRAM APLIKASI
    Program aplikasi merupakan program yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket, untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.

3. BAHASA PEMROGRAMAN
    Bahasa pemrograman merupakan bahasa yang dipakai untuk membuat program komputer. Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4 yaitu :
=  Low Languange Program (Bahasa Pemgrograman Tingkat Rendah), contohnya Assembly machine
=   Middle Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat Menengah), contohnya Bahasa C++
=  High Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat Tinggi),Contohnya Pascal, Borland , Fotran
=  4GL (Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4), contohnya Visual Basic, Visual FOxpro

4. PROGRAM BANTU ( Utility )
    Program Bantu merupakan program yang bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya.
Contoh program bantu yang kita kenal yaitu Anti Virus, Backup, Disk Defragmenter, dsb.

5. PROGRAM PAKET
    Program paket merupakan gabungan dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata (Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi perkantoran, misalnya:Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw

6. PROGRAM PERMAINAN
    Program permainan merupakan program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar komputer.
Contoh program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories Windows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli buatan indonesia

7. PROGRAM MULTIMEDIA
    Program Multimedia mencakup program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
Contoh Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap siaran radio dan TV dari Internet

Perangkat Keras Komputer (Output Device)
          Perangkat Keras dan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:
1 . input divice (unit masukan)
       2. Process device (unit Pemrosesan)
       3. Output device (unit keluaran)
       4 Backing Storage ( unit penyimpanan)
       5. Periferal ( unit tambahan)

Komponen dasar komputer terdiri dari input, process, output dan storage.
Input device terdiri dari keyboard dan mouse.
Process device adalah microprocessor (ALU, Internal Communication, Registers dan control  section).
Output device terdiri dari monitor dan printer.
Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner card, Modem, capture card.

1. Unit Masukan ( Input Device )

Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalahkeybbard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Berdasarkan sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-Peralatan input tidak langsung yaitu input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. contohnya : punched card, disket, harddisk.

Unit  masukan atau peraratan input ini terdiri dari beberapa macam peranti yaitu :

a. Keyboard
 Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai
media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :

1.) QWERTY
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEigaYm5bg01xQD_AvKqRuDilK8baE_HWKct97rYAxxlUHFMMuyp0ngcN4qBAeyp-HxUGhomk63MAgtyyLcqpYSdCVEo3SCdT1udmjNn_57ws-Bd3KznWSIx7szwoK_ELE5DDYxzdUlfPRM/s320/keyboard+qwert.jpg


2.) DVORAK
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9hwTWISJZ-drz3I5tRfihrbl-AAAsG5uTV8w7lEXnkTOjZxyPG28w4yHuKJL3k7MYBmiCPV5qn3l0EuXKa5xylAxMhEMtB4Jp0URr7sK6Y7WF1Nzf_9GAtyV_TpRF5PPSjomNM0Y2qGc/s320/keyboard+DVORAK.jpg
3.) KLOCKENBERG
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjS8_t6sDuwL9MZPNhNYclOqehV34bzV6-limiCFw7oIJmXnYwf8MhQrKlqpkawHyDSuJhCDY1Jz_3HQR6m3N06pDuDAwV4GRqQ-8vra8QTBSn4_gwixeLrjrx8kGW7FJEPV8sYMDCbTjQ/s320/keyboard+KLOCKENBERG.png

      Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY , yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.typewriter
2. numeric key
3. function key
4. special function key.

1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
- Back Space
Tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 character di kiri cursor
- Caps Lock
Bila tombol ini ditekan,maka lampu indikator caps lock akan menyala,hal ini menunjukkan bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar/kapital, bila lampu indikator caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.



- Delete
tombol ini berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
- Esc
tombol ini berfungsi untuk membatarkan suatu perintah dari suatu menu.
- End
tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
- Enter
tombol ini berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses perintah.


- Home
Untuk menuju ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
- Insert
Tombol ini berfungsi untuk menyisipkan character.
- Page Up
Tombol ini berfungsi untuk meggerakan cursor I layar ke atas
- Page Down
Tombol ini berfungsi untuk menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
- Tab
Tombol ini berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.



2. Numeric Key
    Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.


3. Function Key
    Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.

4. Special Function Key
    Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.




b. Mouse

     Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan  keyboard.
     Sebagian besar mouse terdiri dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll), dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiQZ_mhQHLwqDgBFa-XQQjUx9e52pxXNODh9zE1K8zVPhfyHmrAJg9A2XAAKZxM8xUvPZBcRKhFU18C1LSQKxkLMlCdgAEgXuchyphenhyphenVjqB85jwI5F5AUbxP3d3TDPVf6FXjpdohOWyqiTs0U/s320/mouse.jpg

Gambar Mouse Wireless

c. Touchpad
     Unit masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari Biasanya unit ini lipat aiginakan sebagai penlganti mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicEjgxzVt8ME2ZMR3OMojMs5JArT4i-fEgmnRPIiLKBgn9Cbvo4d_kbv17ESR2P7WKplx4tzvb5e5u8wjd4b5KhxXqtHb-YrbB16fYZMpfpaSFtSs9H03F8GeOs6qaHLj73yj-4VuY1vs/s320/touchpad.jpg



d. Light Pen
     Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh8j80qtQLCmvqhELFQwh8fy0BtI9C98AEv1MU82GlPNRqcP3oqRco6Y2ZhavWNpkRRJibWGY-_6ddyWRVQcJ-hZ06Ga4JD1BLEoUQtHT71sZPLKskzmyfi-69GX7IL12SOt19xhzpCUZ4/s320/LightPen.jpg

Gambar Light pen

e. Joy Stick dan Games paddle
    Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanyiberbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGZWY5ix56S8gTh0IQLU1Env3vUNHZd0UgEeSb4GI_6U0tYUo3brw6ADRKa71PRcc2qadshLtYzboxPenLVVGNsmUJK_oR1A4B6tXm0BFzLWw_ngVaqOmrLeHhlD1dXdGZIhyb2vvuf2I/s320/joystik.gif

f. Barcode
    Barcode termasuk dalam unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk- poroduk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgpXPFoBLoBlyNmfKbqFo9f_of3U6XnRcDFDFExfeb2crHc5s35499A2rBtEKTPM8droFTgBzProeFuWv3d_lXUJev6_MwFzlGSoEhPbHobeaO9xaXxU5RZiErUnWMkXWDu_qW7jM0XiE0/s320/barcode.jpg

g. Scanner
    Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto copy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari iampu sensor yang disetut Optik, vang dapat mengenali jenis pensil 28. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi16zfuFdGmCyAlWX2w7K24Ol90i7tAQbElMKKbwJxIO_z8Xgc5Y5H8po-l4cHNGVzn6dCzPwsyyY-RV7uN7vY0r8brordogDvj0b3zRpwqEhK2fy9aorVKVL_5nOsFRSWGNur2ofCAxpI/s320/scaner.png

Gambar Scanner.

h. Kamera Digital
     Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digjtal dengan kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGKksRH1N1VIj7llM1Y1ZjafvqgaHWZjQqHKxl82CeRrVaisRdnaHovzlokjKIMkt3hj6KoRpdb8NGHaVPy5uzPJyfHcmZ0JxdtqejCePI-R6rnALNVmxly7O2gpqgdlyaIspNER2mK3o/s320/Digital-USB-PC-Camera-C012-.jpg

Gambar Kamera Digital

i. Mikropon dan Headphone
   Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_2Bu_pAfd1Fozt90BTQnsgclOjtzru8EyLx5Rl2qQg_05VJfg4Z2g1R28wK3XE8uJv7JFMkTo3EXRs3iGMY08j3Lwpx9kG_fmJzqcsIsawPAKA8CV0JQ1M6cwMYVs-NCGie4OJoazPc8/s320/headphone.jpg

Gambar headphone

j. Graphics Pads
    Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface). Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y. Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjyKXc3OAbfDK3bl6_YfzPa_BlxMCaf6_oBCz7Iui6TGq7fWjQ8gOeVYFgJo1wW5DFogbI908Ca6ClMdbSqcR3JA4XXdpZhedHOv9iQBl9RLbQeGWo7WJYuuSyqcN6SMoQ6M12zWoUVK38/s1600/grapics+pad.jpg

Dilarang keras menerjemahkan,memfotocopy,atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin  tertulis dari hak cipta
 
 
asep
asep

This is a short biography of the post author. Maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec vitae sapien ut libero venenatis faucibus nullam quis ante maecenas nec odio et ante tincidunt tempus donec.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar