|
MATERI KKPI KELAS X SEMESTER 1
OPERASI DASAR KOMPUTER DAN PERANGKAT LUNAK
DALAM SISTEM
INFORMASI
A. Prosedur Baku Menghidupkan dan Mematikan Komputer
Sebelum menggunakan komputer,
terdapat beberapa hal yang harus di perhatikan , yaitu :
1. Memastikan kabel listrik sudah terhubung
dengan komputer
2. Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
2. Memastikan kabel monitor, keyboard, mouse, printer dan peralatan lainnya yang dibutuhkan sudah terpasang dengan baik.
A. 1 Menghidupkan Komputer
Untuk menghidupkan komputer, ada pun langkah-langkah
berikut:
1. Tekan
tombol Power atau tombol On pada Komputer
2. Selanjutnya
Komputer akan melakukan booting dengan menyalakan BIOS ( Basic Input Output
System ) yang terdapat pada komputer.
3.
Komputer yang berada pada suatu jaringan biasanya mengharuskan penguna komputer
untuk Log in terlebih dahulu sebelum memasuki Sistem.
A. 2 Mematikan Komputer
Jika sistem operasi yang digunakan
adalah Microsoft Windows maka untuk
mematikan komputer dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut :
1. Pilih
Tombol Start pada taskbar
2. Tekan
Tombol Turn Off Computer yang akan
menampilkan kotak dialog Turn Off computer
pada kota dialog tersebut
terdapat empat pilihan , yaitu:
-Stand By, Pilihan ini digunakan untuk
mengubah kondisi komputer dalam keasaan Low-Power.
-Turn Off, Pllihan digunakan untuk
mematikan komputer.
-Restrat, Pilihan ini gidunakan untuk
untuk mematikan komputer dan kemudian menghidupkannya lagi.
-Hibernate, dapat ditampilkan dengan
menekan tombol Shift pada Keyboard dan Stand By. Pilihan ini digunakan untuk
mengakhiri penggunaan Windows XP dengan terlebih dahulu menyimpan posisi
pekerjaan terakhir yang sedang dikerjakan ke dalam harddisk.
B. MACAM.MACAM PERANGKAT LUNAK
Berdasarkan fungsinya, software dibagi menjadi tujuh,
yaitu :
1. Sistem
Operasi
2. Program
Aplikasi
3. Bahasa
Pemrograman
4. Program
Bantu
5. Program
Paket
6. Program
Permainan
7. Program Multimedia
1. SISTEM OPERASI
Sistem operasi merupakan program utama yang langsung berinteraksi dengan
bahasa yang di Kenal oleh mesin komputer ( bahasa mesin).
Contoh
Sistem Operasi :
= Produk
Microsoft : Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows Me, Windows XP, Windows Vista,
Windows NT (untuk jaringan).
= Produk Novel : Linux, Redhat,
OpenSuse, Ubuntu, Mandrake, Mandriva,dll
= Produk Apple : Macintosh
= Produk IBM : DOS, UNIX
2. PROGRAM APLIKASI
Program aplikasi merupakan program
yang di buat untuk tujuan tertentu, misalnya untuk penjualan di supermarket,
untuk mengelola data rumah sakit, untuk mencetak kuitansi dan sebagainya.
3. BAHASA PEMROGRAMAN
Bahasa pemrograman merupakan bahasa
yang dipakai untuk membuat program komputer. Tingkatan Bahasa Pemrograman ada 4
yaitu :
= Low Languange Program (Bahasa Pemgrograman Tingkat
Rendah), contohnya Assembly machine
= Middle Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat
Menengah), contohnya Bahasa C++
= High Language Program (Bahasa Pemrograman Tingkat
Tinggi),Contohnya Pascal, Borland , Fotran
= 4GL (Bahasa Pemrograman Tingkat ke 4), contohnya
Visual Basic, Visual FOxpro
4. PROGRAM BANTU ( Utility )
Program Bantu merupakan program yang
bertujuan untuk mengatur konfigurasi komputer, menjaga komputer dari serangan
virus dan hacker, menyelamatkan data dan sebagainya.
Contoh
program bantu yang kita kenal yaitu Anti
Virus, Backup, Disk Defragmenter, dsb.
5. PROGRAM PAKET
Program paket merupakan gabungan
dari beberapa aplikasi yang di paket menjadi kesatuan untuk menangani suatu
bidan pekerjaan yang saling berkaitan. Contoh paket yang paling terkenal adalah
Microsoft Office dimana didalamnya terdapat program untuk mengolah kata
(Microsoft Word), untuk mengolah angka (Microsoft Excel), Untuk Program
presentasi (Microsoft Power Point) dll.
Dilihat dari
bidang pekerjaan yang ditangani, program paket dapat dibedakan menjadi:
1. Aplikasi
perkantoran, misalnya:Microsoft Office dan StarOffice
2. Aplikasi
database, misalnya : oracle dan SQL Server
3. Aplikasi
grafik, misalnya Adobe Photoshop dan Corel Draw
6. PROGRAM PERMAINAN
Program permainan merupakan
program-program yang dibuat untuk menampilkan permainan interaktif pada layar
komputer.
Contoh
program permainan yang sudah dikenal yaitu :
a. Solitaire, tersedia pada Accessories
Windows
b. Counter Strike, umumnya dimainkan di
game center
c. Kurusetra, terkenal sebagai game asli
buatan indonesia
7. PROGRAM MULTIMEDIA
Program Multimedia mencakup
program-program yang memainkan musik atau lagu, memutar film atau video, untuk
menangkap siaran radio atau televisi dan program lainnya.
Contoh
Program multimedia yaitu :
a. Winamp, umumnya digunakan untuk
memainkan lagu mp3
b. JetAudio dapat memainkan berbagai
format lagu serta video
c. RealPlayer, dapat menangkap
siaran radio dan TV dari Internet
Perangkat
Keras Komputer (Output Device)
Perangkat Keras dan Fungsinya
Berdasarkan
fungsinya, perangkat keras komputer dibagi menjadi:
1 . input divice (unit masukan)
2. Process device (unit Pemrosesan)
3. Output device (unit keluaran)
4 Backing Storage ( unit
penyimpanan)
5. Periferal ( unit tambahan)
Komponen
dasar komputer terdiri dari input, process, output dan storage.
Input device terdiri dari keyboard dan mouse.
Process device adalah microprocessor (ALU,
Internal Communication, Registers dan control section).
Output device terdiri dari monitor dan printer.
Storage external memory terdiri dari harddisk, Floppy
drive, CD ROM, Magnetic tape. Storage
internal memory terdiri dari RAM dan ROM.
Sedangkan
komponen Periferal Device merupakan komponen tambahan atau sebagai komponen
yang belum ada atau tidak ada sebelumnya.
Komponen Periferal ini contohnya : TV Tuner card,
Modem, capture card.
1. Unit
Masukan ( Input Device )
Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam
suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang
diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal
computer (PC) adalahkeybbard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang
menghubungkan user (pengguna) dengan komputer.
Selain itu
terdapat joystick, yang biasa digunakan untuk bermain games atau permainan
dengan komputer. Kemudian scanner, untuk mengambil gambar sebagai gambar
digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch panel, dengan menggunakan
sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses file. Microphone, untuk
merekam suara ke dalam komputer.
Berdasarkan
sifatnya, peralatan input dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
- Peratalan input langsung yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch
screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.
-Peralatan input tidak langsung yaitu input yang
melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
contohnya : punched card, disket, harddisk.
Unit
masukan atau peraratan input ini terdiri dari beberapa macam peranti
yaitu :
a. Keyboard
Keyboard dapat berfungsi memasukkan
huruf, angka, karakter, khusus serta sebagai
media bagi
user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan,
seperti menyimpan file dan membuka file.Keyboard yang digunakanan sekarang ini
adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard
standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard
ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa
jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai
adalah keyboard jenis QWERTY , yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin
tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.typewriter
2. numeric
key
3. function
key
4. special
function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts
pada mesin tik yang terdiri atas
alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
- Back Space
Tombol ini berfungsi
untuk menghapus 1 character di kiri cursor
- Caps Lock
Bila tombol
ini ditekan,maka lampu indikator caps lock akan menyala,hal ini menunjukkan
bahwa huruf yang diketik akan menjadi huruf besar/kapital, bila lampu indikator
caps lock mati, maka huruf akan menjadi kecil.
- Delete
tombol ini
berfungsi untuk menghapus 1 karakter pada posisi cursor
- Esc
tombol ini
berfungsi untuk membatarkan suatu perintah dari suatu menu.
- End
tombol ini
berfungsi untuk memindahkan cursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja
- Enter
tombol ini
berfungsi untuk berpindah ke baris baru atau untuk melakukan suatu proses
perintah.
- Home
Untuk menuju
ke awal baris atau ke sudut kiri atas layar
- Insert
Tombol ini
berfungsi untuk menyisipkan character.
- Page Up
Tombol ini
berfungsi untuk meggerakan cursor I layar ke atas
- Page Down
Tombol ini
berfungsi untuk menggerakkan cursor 1 layar ke bawah
- Tab
Tombol ini
berfungsi untuk memindahkan cursor 1 tabulasi ke kanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan
keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num
lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num
lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris
paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini
berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl,
Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan
dengan tombol lainnya.
b. Mouse
Mouse adalah salah unit masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard.
Sebagian besar mouse terdiri
dari tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan
tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll),
dimana letak tombol ini terletak ditengah.
Drag ini akan mengakibatkan objek akan berpindah atau tersalin ke objek
lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol kiri mouse dua kali secara cepat
dan teratur disebut dengan klik ganda(double click) sedangkan menekan tombol
kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan (right click)Mouse terdiri dari
beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
Gambar Mouse Wireless
c. Touchpad
Unit masukkan ini biasanya dapat
kita temukan pada laptop dan notebook yaitu dengan menggunakan sentuhan jari
Biasanya unit ini lipat aiginakan sebagai penlganti mouse. Selain touchpad
adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing stick dan trackball.
d. Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik
yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor).
Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang
kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal
elektronik setiap baris per detik.
Gambar Light pen
e. Joy Stick
dan Games paddle
Alat ini biasa digunakan pada
permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan
games paddle biasanyiberbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik
dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam
komputer.
f. Barcode
Barcode termasuk dalam unit masukan
(input device). Fungsi alat ini adalah untuk membaca suatu kode yang berbentuk
kotak-kotak atau garis-garis tebil vertical yang kemudian diterjemahkan dalam
bentuk angka-angka. kode-kode ini biasanya menempel pada produk- poroduk
makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
g. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang
dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian
disimpan ke dalam memori komputer. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin foto
copy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas
sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu
sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat
disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.
Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk
mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk
melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan
untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan
jenis ini terdiri dari iampu sensor yang disetut Optik, vang dapat mengenali
jenis pensil 28. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy
gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical
Character Recognition) untuk meng-copy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Gambar Scanner.
h. Kamera
Digital
Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digjtal dengan
kualitas gambar lebih bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin
gambar yang menggunakan scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini
ditentukan oleh pixel-nya. Kemudahan & kepraktisan alat ini sangat membantu
banyak kegiatan dan pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana
kamera biasa.
Gambar Kamera Digital
i. Mikropon
dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk
merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori komputer atau
untuk mendengarkan suara.
Gambar headphone
j. Graphics
Pads
Teknologi Computer Aided Design
(CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan
menggunakan Graphics Pads. Graphics pads ini merupakan input masukan untuk
menggambar objek pada monitor. Graphics pads yang digunakan mempunyai dua
jenis. Pertama, menggunakan jarum (stylus) yang dihubungkan ke pad atau dengan
memakai bantalan tegangan rendah, yang pada bantalan tersebut terdapat
permukaan membrane sensitif sentuhan ( touch sensitive membrane surface).
Tegangan rendah yang dikirimkan kemudian diterjemahkan menjadi koordinat X – Y.
Kedua, menggunakan bantalan sensitif sentuh ( touch sensitive pad) tanpa
menggunakan jarum. Cara kerjanya adalah dengan meletakkan kertas gambar pada
bantalan, kemudian ditulisi dengan pensil
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar